Menara Eiffel
Menara
Eiffel (bahasa Perancis: Tour
Eiffel,
/tuʀ ɛfɛl/) merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur
terkenal di dunia.
Pengenalan
Dinamai sesuai nama perancangnya, Gustave
Eiffel , Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur
terkenal di dunia. Lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini
sejak pembangunannya tahun 1889, termasuk 6.719.200 orang tahun 2006,
menjadikannya monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia. Termasuk
antena setinggi 24 m (79 kaki), struktur ini memiliki tinggi 325 m (1.063 kaki)
sejak 2000, yang sama dengan bangunan konvensional bertingkat 81.
Menara
Eiffel Oktober 2007
Ketika menara selesai dibangun tahun 1889,
struktur ini menjadi yang tertinggi di dunia — gelar yang dipertahankan hingga
1930 ketika Chrysler
Building di
New York City (319 m — 1.047 kaki) selesai.[6] Menara ini sekarang yang tertingggi kelima di
Perancis dan paling tinggi di Paris, dengan struktur tertinggi kedua Tour
Montparnasse
(210 m — 689 kaki), meskipun akan dikalahkan oleh Tour AXA (225.11 m — 738.36 kaki)
Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300
ton sementara keseluruhan struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000
ton. Tergantung temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7
inci) karena pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari. Menara ini juga
berayun 6-7 cm (2-3 inci) dalam suasana berangin. Sebagai demonstrasi terhadap
ekonomisnya bangunan, bila 7300 ton struktur besi dicairkan, maka akan memenuhi
125 meter persegi dengan kedalaman 6 cm (2.36 inci), yang berarti kepadatan
besi 7.8 ton per meter kubik. Menara ini memiliki massa yang kurang dari massa
udara di dalam silinder dengan dimensi yang sama, setinggi 324 meter dan 88.3
jari-jarinya. Berat menara 10.100 ton bila dibandingkan dengan 10.265 ton
udara.
Tingkat pertama dan kedua dapat diakses
dengan tangga dan lift. Sebuah loket tiket di
menara selatan menjual tiket ke anak tangga yang dimulai di tempat itu. Di
platform pertama tangga menaik dari menara timur dan pertemuan tingkat ketika
hanya dapat diakses dengan lift. Dari platform pertama atau kedua tangga dibuka
bagi semua orang yang naik dan turun tergantung apabila mereka telah membeli
tiket lift atau tiket tangga. Jumlah anak tangga 9 ke loket tiket di dasar, 328
ke tingkat pertama, 340 ke tingkat kedua dan 18 ke platform lift di tingkat
kedua. Ketika keluar lift di tingkat ketiga terdapat 15 anak tangga naik menuju
platform pengamatan atas. Jumlah anak tangga dituliskan secara bertahap di sisi
tangga untuk memberikan tanda tangga naik. Kebanyakan tangga naik memberikan
pemandangan langsung ke bawah atau sekitar menara meskipun beebrapa anak tangga
pendek tertutup.
Perawatan menara terdiri dari pengadaan 50
hingga 60 ton cat setiap tujuh tahun untuk menjaganya dari karatan. Untuk
menjaga penampilannya terhadap pengunjung di bawah, tiga warna berbeda
digunakan pada menara ini, dengan warna gelap di bawah dan warna terang di
atas. Warna cat diubah; menara ini dicat coklat-kelabu. Di tingkat pertama
terdapat konsol interaktif yang memberitahukan warna pada pengecatan
selanjutnya. Arsitek Menara Eiffel adalah Emile Nouguier, Maurice Koechlin dan Stephen Sauvestre.
Sejarah
Menara
Eiffel dalam pembangunan bulan Juli 1888.
Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889
sebagai pintu masuk Exposition
Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi
Perancis.
Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona, untuk Pameran
Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai kota Barcelona menganggapnya aneh dan
mahal, dan tidak cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana Barcelona,
Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran
Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu 1889.
Menara ini diresmikan tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga ratus pekerja
menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi
struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechlin. Resiko kecelakaan sangat
besar, untuk pencakar langit modern yang tak biasa
menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform. Tetapi, karena
Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal bergerak, rel bantu
dan layar, hanya satu orang yang meninggal.
Pemandangan
Pembangunan Menara Eiffel: di tingkat pertama
Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat
ketika dibangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi
dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya dimasukkan
dalam penerbitan Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson mengenai Pameran Universal Paris: Teknik Sipil,
Pekerjaan Umum, dan Arsitektur 1892. "Dan selama dua puluh tahun
kita melihat, membentang ke seluruh kota, masih dijalani oleh orang-orang
jenius berabad-abad, kita melihat bentangan seperti bayangan hitam dari kolom
hitam yang dibangun dari lempengan besi berpaku.”[10] Penandatangan surat ini meliputi Messonier, Gounod,
Garnier, Gerome, Bougeureau, dan Dumas.
Pengarang novel [{Guy de Maupassant]] —
yang membenci menara itu — makan siang di restoran Menara setiap hari. Ketika
ditanyai mengapa, ia menjawab bahwa itu adalah satu-satunya tempat di Paris
dimana kita tidak bisa melihat Menara. Hari ini, masih saja dianggap sebagai
bagian seni bangunan mencolok.
Salah satu cliché film Hollywood menampilkan pemandangan
dari jendela Paris yang selalu menampakkan menara. Kenyataannya, sejak
pembatasan tinggi bangunan di Paris menjadi 7 tingkat, hanya beberapa bangunan
tinggi yang memiliki pemandangan jelas terhadap menara.
Eiffel memiliki izin berdiri menara selama
20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya
diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah berencana
meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang
mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari
segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut
kadaluwarsa. Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan
selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monumen
kemenangan pertempuran itu
Bentuk menara
Ketika menara dibangun banyak orang
dikejutkan dengan bentuknya yang menantang. Eiffel dikritik untuk desain ini
dan dipaksa mencoba merancang sesuatu yang berseni, atau tak berseni dari sisi
pandang, tanpa keinginan membangun. Eiffel dan insinyurnya, dikenal sebagai
pembangun jembatan, mengerti kepentingan kekuatan angin dan tahu bahwa mereka
akan membangun struktur tertinggi di dunia mereka harus mencocokannya dengan
tiupan angin. Dalam wawancara yang dilaporkan surat kabar Le Temps, Eiffel
mengatakan:
“
|
Sekarang
untuk apa saya memberikan alasan utama perancangannya? Menara ini tahan angin. Baiklah! Saya
menyatakan bahwa lengkungan empat sisi luar menara, sebagaimana perhitungan
matematika (...) akan memberikan pemandangan bagus terhadap kekuatan dan
keindahan, dan memberikan kesan kepada siapapun yang melihatnya kecanggihan
desain secara keseluruhan.
|
”
|
—diterjemahkan dari surat
kabar Perancis Le Temps tanggal 14 Februari 1887[11]
|
Bentuk menara sebelumnya telah dinyatakan
dengan perhitungan matematika yang tahan angin. Beberapa teori perhitungan ini
telah direncanakan bertahun-tahun, yang terbaru adalah persamaan berbeda integral nonlinear didasarkan pada
pengimbangan tekanan angin dari sisi apapun pada menara dengan ketegangan
antara elemen konstruksi pada waktu itu. Bentuknya eksponensial. Plot berbahaya
pada lengkungan menara, menampilkan dua eksponen yang berbeda, bagian bawah
memiliki pertahanan kuat melawan angin.
Pemasangan
Sejak awal abad ke-20, menara ini telah
digunakan untuk transmisi radio. Hingga 1950-an, sebuah
kumpulan kabel menara membentang dari pertemuannya hingga berakhir di Avenue de Suffren dan Champ de Mars. Mereka terhubung dengan transmitter
gelombang panjang di bunker kecil; tahun 1909, sebuah pusat radio bawah tanah
permanen dibangun dekat pilar selatan dan masih ada hingga sekarang. Tanggal 20 November 1913, Paris Observatory, menggunakan Menara Eiffel
sebagai antena, mengirim sinyal tanpa kabel dengan Pusat Observasi
Angkatan Laut Amerika Serikat yang menggunakan antena di Arlington, Virginia. Obyek transmisi untuk
mengukur perbedaan garis bujur antara Paris dan Washington, D.C.[14]
Menara ini memiliki dua restoran: Altitude
95, di tingkat pertama (95 m, 311 kaki, di atas permukaan laut); dan Jules Verne,
sebuah restoran gastronomis mahal di tingkat kedua,
dengan lift khusus. Restoran ini memiliki bintang satu di Michelin Red Guide. Bulan Januari 2007,
seorang koki dengan banyak bintang Michelin Alain Ducasse dibawa ke Menara untuk
menjalankan Jules Verne.
Dek pengamatan teratas, dengan ketinggian
275 meter, merupakan wilayah tertinggi struktur arsitektur di Uni Eropa yang dibuka untuk umum.
Lift penumpang dari tingkat dasar ke
tingkat pertama dioperasikan oleh kabel dan penarik yang dijalankan oleh piston
besar berkekuatan air. Ketika menaiki lengkungan, kabin elevator naik sedikit,
tapi dengan kejutan naik setiap beberapa detik, untuk menjaga tingkatnya
sejajar. Pembangunan elevator diperlihatkan dan dibuka untuk umum dalam sebuah
museum di satu dari empat pilar menara.
0 komentar:
Posting Komentar