Translate

Minggu, 10 Maret 2013

Jamalul Kiram III, Sultan Sulu yang Terlilit Utang



Manila - Dalam sebulan belakangan ini nama Jamalul Kiram III, yang mengklaim diri sebagai Sultan Sulu menjadi populer di Asia Tenggara, setelah pengikutnya "menyerbu" Sabah yang diklaim sebagai wilayah sah Kesultanan Sulu.
Namun, banyak yang belum diketahui dari sosok Sultan berusia 74 tahun itu. Bagaimana kesehariannya? Seperti apa bentuk kerajaannya kini?
Nah, jika Anda menyangka sebagai Sultan Sulu, Jamalul Kiram tinggal di sebuah keraton, maka Anda salah.  Bahkan Kiram mengklaim diri sebagai sultan termiskin di dunia.
"Saya sultan termiskin di dunia," kata Kiram kepada kantor berita Associated Press dalam sebuah wawancara di kediamannya di desa Maharlika, Manila.
Pusat pemerintahan Kesultanan Sulu bukan sebuah istana atau setidaknya sebuah gedung mewah. Jamalul Kiram mengendalikan Kesultanan Sulu dari sebuah rumah sederhana berlantai dua di perkampungan Islam di ibu kota Filipina, Manila.
Setelah Kesultanan Sulu ambruk, yang dimiliki keluarga Jamalul Kiram hanyalah gelar kebangsawanan semata.
"Saat saya kecil, saya kira "putri" adalah nama saya. Sebab  menjadi putri dengan mahkota adalah bayangan hampir semua anak-anak. Namun, saya bukan putri yang seperti itu," kata Jacel Kiram (35), putri Jamalul Kiram yang bergelar putri.
Kesultanan Sulu yang Pernah Jaya
Di kediamannya di desa Maharlika, Jamalul Kiram yang menderita gagal ginjal dan sakit jantung ini dengan susah payah berbicara untuk mengenang kembali kejayaan Kesultanan Sulu yang berpusat di selatan Filipina.
"Orang China dan Eropa, dulu mengirim utusan untuk menghormati leluhur kami," kata Kiram.
"Kesultanan Sulu yang berdiri pada 1400, sudah ada lebih dulu sebelum Filipina dan Malaysia terbentuk," tambah dia.
Selain itu, keberanian para pejuang Tausug asal Sulu sangat melegenda. Bahkan Sultan Brunei meminta bantuan mereka untuk memadamkan pemberontakan pada 1660-1700-an.
"Setelah pemberontakan padan, Sultab Brunei menyerahkan Sabah kepada Sultan Sulu sebagai tanda terima kasih," papar Kiram.
Seorang Sultan Filipina kemudian menyewakan Sabah kepada sebuah perusahaan Inggris. Di kemudian hari, Inggris memasukkan Sabah ke dalam wilayah jajahannya.
Pada 1963, enam tahun setelah Malaysia merdeka, Sabah memilih bergabung dengan Malaysia yang baru saja merdeka.
Setelah Kesultanan Sulu ambruk, maka status sultan hanya merupakan gelar simbolik. Jamalul Kiram adalah sultan ke-33 dengan pengikut yang sebagian besar berada di wilayah selatan Filipina.
Terlilit Utang
Jamalul Kiram pernah mencalonkan diri menjadi senator pada 2007 dengan dukungan Presiden Gloria Macapagal Arroyo. Namun, upayanya gagal dan mengakibatkan keluarganya terlilit utang akibat biaya kampanye yang mahal.
Tahun lalu, Kiram didiagnosa menderita gagal ginjal dan menjalani terapi cuci darah. Akibatnya, keluarga Kiram kehabisan uang untuk membayar cicilan rumah mereka. Hampir saja keluarga sultan kehilangan rumahnya jika tak ada kawan yang membantu.
Kiram mengenang saat muda dia kerap berkunjung ke Sabah yang bisa ditempuh dalam waktu singkat menggunakan perahu motor dari Sulu dan Tawi-Tawi. Saat itu di Sabah sudah banyak warga Filipina yang merantau mencari pekerjaan di sana.
"Sabah sangat kaya. Saat saya di Sabah, saya merasa berada di rumah," kata Kiram.
Sebagai sultan, Kiram merasa bersalah karena kerajaannya yang lemah tak mampu memberikan kesejahteraan untuk rakyatnya yang terpaksa pergi ke negara lain untuk mencari kehidupan.
Itulah sebabnya, kata Kiram, dia mengizinkan adik laki-lakinya memimpin 200-an anak buahnya berlayar ke Lahad Datu, Sabah. Sebuah langkah yang memicu insiden berdarah selama hampir satu bulan terakhir ini.
Tak hanya itu, langkah Kesultanan Sulu itu memicu krisis keamanan terbesar antara Malaysia dan Filipina dalam beberapa dekade terakhir, yang sejauh ini sudah menewaskan setidaknya 60 orang dari kedua pihak.

0 komentar:

Posting Komentar